SMP/MTs.N : SMP Negeri 1 SINTUK TOBOH GADANG
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar :4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian atmosfer
• Mendeskripsikan sifat fisik atmosfer
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian atmosfer
• Menjelaskan sifat fisik atmosfer
B. Materi Pembelajaran
• Pengertian atmosfer
Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos berarti udara, sphera berarti lapisan. Jadi, atmosfer adalah lapisan bumi yang menyelubungi bumi. Manusia, hewan dan tumbuhan tidak mungkin hidup tanpa atmosfer, karena pada lapisan ini banyak terdapat gas yang berguna dalam kehidupan, seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, neon, helium, ozon, hydrogen, Krypton, metana dan xenon.
Lapisan atmosfer berfungsi melindungi makhlik hidup dibumi dari sengatan sinar matahari, benturan benda-benda luar angkasa dan dinginnya luar angkasa.
• Sifat fisik atmosfer
a. Bersifat elastis dan dinamis sehingga dapat mengembang, mengecil dan berpindah-pindah
b. Tidak bewarna, tidak berbau dan tidak dapat dirasakan kecuali dalam bentuk angin
c. Transparan dalam bentuk radiasi
d. Mempunyai massa sehingga dapat menimbulkan tekanan
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Simulasi
• Inquiri
• Observasi / Pengamatan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
Waktu
Kegiatan awal
1. Pra pendahuluan
a. menyiapkan kelas
b. menyiapkan peserta didik
2. Pendahuluan
a.Apersepsi : Guru meminta siswa merasakan dan melihat keadaan cuaca yang ada pada saat sekarang ini
b.Motivasi : Guru menjelaskan maksud dari atmosfer
c. Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan diajarkan
10’
Kegiatan inti
1.Eksplorasi
Guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku IPS terpadu atau bahan ajar yang ada
2. Elaborasi
• Guru menjelaskan tentang pengertian atmosfer dan sifat fisik atmosfer
• Guru meminta peserta didik membuat sebuah karangan cerita mengenai atmosfer dan pengaruhnya terhadap bumi.
3. Konfirmasi
• Setelah itu guru meminta beberapa peserta didik membacanya karangannya di depan kelas dan peserta didik yang lainnya menanggapi tentang karangan cerita tersebut.
• Dan selanjutnya Guru menjelaskan materi secara keseluruhan diselangi dengan tanya jawab dengan peserta didiknya
• Setelah guru menjelaskan materi yang telah di ajarkan, guru meminta peserta didik untuk menuliskan di atas kertas 1 lembar tentang materi yang telah di ajarkan oleh guru.
10’
40’
10’
Kegiatan akhir
1.Guru dan peserta didik sama-sama menyimpulkan materi ajar yang telah dipelajari.
2.Guru memberikan pokok materi yang akan diajarkan untuk pertemuan selanjutnya.
10’
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber :
• Buku IPS Terpadu, Departemen Pendidikan Nasional, SMP Kelas VII
• Buku IPS Terpadu, Yudhistira, SMP Kelas VII
• Bahan Internet, http/; www.google.com
2. Alat/ Media
• Chart
• Gambar
A. F. Penilaian
Ø Teknik : Portofolio
Ø Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Ø Topik : “Apakah pertambahan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi berpotensi besar menyebabkan kerusakan lapisan ozon?” Tulislah komentarmu dalam bentuk karangan analitis!
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
Isi menunjukkan bukti-bukti dari masalah kepemilikan kendaraan pribadi yang berpengaruh terhadap kerusakan ozon
Isi berupa kalimat yang kritis dan menunjukkan kepedulian
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap permasalahan
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
Orisinalitas karangan
Nilai rata-rata
Komentar
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
Mengetahui : Padang, Maret 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPLK
Gustimar Melissa Nuzwar
NIP: 195508181980032005 89181/2007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs.N : SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar :4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan lapisan-lapisan atmosfer
• Mendeskripsikan unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan lapisan-lapisan atmosfer
• Menjelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
B. Materi Pembelajaran
• Lapisan-lapisan atmosfer
a. Lapisan Troposfer
Lapisan atmosfer terendah yang berhubungan langsung dengan makhluk hidup dipermukaan bumi. Ketinggian lapisan atmosfer mencapai 8 km. lapisan ini amat penting bagi kelangsungan hidup, sebab banyak unsur yang berguna bagi perkembangan makhluk hidup seperti oksigen, nitrogen dan karbondioksida. Disamping itu, pada lapisan troposfer terjadi berbagai gejala cuaca, seperti awan, hujan dan angin.
a. Lapisan Stratosfer
Lapisan stratosfer terletak diatas lapisan troposfer sampai ketinggian 50 km. yang mana lapisan ini terdapat lapisan ozon yang merupakan pelindung bagi makhluk hidup dimuka bumi dari radiasi sinar ultraviolet.
b. Lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer terletak diatas lapisan stratosfer. Ketinggiannya berada diantara 50 km sampai 80 km diatas permukaan bumi. Lapisan ini sangat bermanfaat bagi bidang telekomunikasi. Lapisan mesosfer dapat memantulkan gelombang radio.
c. Lapisan Termosfer
Lapisan termosfer terletak diatas mesosfer dan berada pada ketinggian 80-500 km. Di lapisan ini terjadi kenaikan suhu udara secara tajam. Karenanya, lapisan ini dinamakan termosfer (termos berarti pans). Lapisan termosfer memiliki lapisan ionosfer, yaitu lapisan dari partikel bermuatan listrik yang dapat memantulkan gelombang radio keseluruh dunia.
d. Lapisan eksosfer
Berada pada ketinggian 1.000 km dan merupakan lapisan paling luar dari atmosfer. Lapisan atmosfer tidak mengandung udara sedikitpun. Dilapisan ini pengaruh gaya gravitasi sangat kecil.
• Unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
a. Nitrogen 78,8%
b. Oksigen 20,94%
c. Argon 0,95%
d. Karbondioksida 0,03%
e. Neon 0,0018%
f. Helium 0,0005%
g. Ozon 0,00006%
h. Hidrogen 0,00005%
i. Kripton sangat kecil
j. Xenon sangat kecil
k. Metan sangat kecil
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Simulasi
• Inquiri
• Observasi / Pengamatan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
Waktu
Kegiatan awal
1. Pra pendahuluan
a. menyiapkan kelas
b. menyiapkan peserta didik
2. Pendahuluan
a.Apersepsi : Guru menanyakan kepada siswa pesawat mencapai ketinggiannya sampai berapa meter.
b.Motivasi : Guru menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer
c. Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan diajarkan
10’
Kegiatan inti
1.Eksplorasi
Guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku IPS terpadu atau bahan ajar yang ada
2. Elaborasi
• Guru menjelaskan tentang pengertian lapisan-lapisan atmosfer dan unsure-unsur yang terdapat dalam atmosfer
• Guru meminta peserta didik membuat sebuah benda-benda yang sesuai dengan ketinggian lapisan-lapisan atmosfer.
3. Konfirmasi
• Selanjutnya Guru menjelaskan materi secara keseluruhan diselangi dengan tanya jawab dengan peserta didiknya
• Setelah guru menjelaskan materi yang telah di ajarkan, guru meminta peserta didik untuk menuliskan di atas kertas 1 lembar tentang materi yang telah di ajarkan oleh guru.
10’
40’
10’
Kegiatan akhir
1.Guru dan peserta didik sama-sama menyimpulkan materi ajar yang telah dipelajari.
2.Guru memberikan pokok materi yang akan diajarkan untuk pertemuan selanjutnya.
10’
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber :
• Buku IPS Terpadu, Departemen Pendidikan Nasional, SMP Kelas VII
• Buku IPS Terpadu, Yudhistira, SMP Kelas VII
• Bahan Internet, http/; www.google.com
2. Alat/ Media
• Chart
• Gambar
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
• Tes Lisan
• Tes Tulis
2. Bentuk instrumen
• Tes Uraian
Tes Uraian
1. Sebutkan 5 lapisan-lapisan atmosfer ?
2. Sebutkan 10 unsur-unsur gas yang terdapat di atmosfer ?
3. Jelaskan kegunaan nitrogen dan oksigen bagi kehidupan makhluk hidup ?
4. Apakah yang dimaksud dengan troposfer dan stratosfer ?
5. Sebutkan ketinggian dari lapisan-lapisan atmosfer ?
Remedial :
Mengerjakan kembali soal tes yang telah berlangsung.
Pengayaan :
Guru meminta peserta didik menyebutkan contoh daro stratosfer.
Penugasan :
Guru menyuruh peserta didik mencari gambar-gambar dari contoh lapisan-lapisan atmosfer.
Mengetahui : Padang, Maret 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPLK
Gustimar Melissa Nuzwar
NIP: 195508181980032005 89181/2007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs.N : SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar :4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian hidrosfer
• Mendeskripsikan siklus hidrologi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian hidrosfer
• Menjelaskan siklus hidrologi
B. Materi Pembelajaran
• Pengertian hidrosfer
Hydro berarti air dan sphere berarti lapisan. Jadi, yang dimaksud dengan hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi sebagian besar permukaan bumi. Air di permukaan bumi tidak bertambah dan tidak berkurang dan tetap sama walaupun kebutuhan air untuk makhluk hidup meningkat air di bumi tetap memiliki jumlah yang sama, mengapa demikian? Ini disebabkan karena adanya siklus hidrologi, apakah siklus itu?
- Siklus adalah putaran rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur.
- Hidrologi adalah istilah yang digunakan berkenaan dengan ilmu tentang air, baik keterdapatannya, peredaran dan sebarannya serta hubungan dengan lingkungan serta makhluk hidup.
- Jadi, siklus hidrologi adalah peredaran air secara umum dari laut ke atmosfer melalui penguapan, kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan mengalir diatas permukaan dan di dalam tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Demikian terus berulang dari waktu ke waktu.
• Siklus hidrologi
Terdapat 3 siklus hidrologi, yaitu :
- Siklus pendek
Penguapan (evaporasi) terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi kemudian membentuk awan dan akhirnya terjadi hujan yang jatuh ke laut lagi.
- Siklus sedang
Penguapan terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin, kemudian terbentuk awan diatas daratan terjadi hujan didaratan dan mengalir lagi ke laut melalui sungai di permukaan.
- Siklus Panjang
Penguapan (evaporasi) terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin dan membentuk awan diatas daratan hingga ke pegunungan tinggi, kemudian jatuh sebagai salju, terbentuk gletser, mengalir ke sungai dan selanjutnya kembali ke laut.
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Simulasi
• Inquiri
• Observasi / Pengamatan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
Waktu
Kegiatan awal
1. Pra pendahuluan
a. menyiapkan kelas
b. menyiapkan peserta didik
2. Pendahuluan
a.Apersepsi : Guru meminta siswa melihat keadaan cuaca yang mendung.
b.Motivasi : Guru menjelaskan tentang proses terjadinya hujan
c. Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan diajarkan
10’
Kegiatan inti
1.Eksplorasi
Guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku IPS terpadu atau bahan ajar yang ada
2. Elaborasi
• Guru menjelaskan tentang hidrosfer dan siklus hidrologi
• Guru meminta peserta didik membuat gambar siklus terjadinya hujan setelah dijelaskan pengertiannya oleh guru.
3. Konfirmasi
• Selanjutnya Guru menjelaskan materi secara keseluruhan diselangi dengan tanya jawab dengan peserta didiknya
• Setelah guru menjelaskan materi yang telah di ajarkan, guru meminta peserta didik untuk menuliskan di atas kertas 1 lembar tentang materi yang telah di ajarkan oleh guru.
10’
40’
10’
Kegiatan akhir
1.Guru dan peserta didik sama-sama menyimpulkan materi ajar yang telah dipelajari.
2.Guru memberikan pokok materi yang akan diajarkan untuk pertemuan selanjutnya.
10’
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber :
• Buku IPS Terpadu, Departemen Pendidikan Nasional, SMP Kelas VII
• Buku IPS Terpadu, Yudhistira, SMP Kelas VII
• Bahan Internet, http/; www.google.com
2. Alat/ Media
• Chart
• Gambar
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
• Tes Lisan
• Tes Tulis
2. Bentuk instrumen
• Tes Uraian
Tes Uraian
1. Jelaskan pengertian atmosfer dan hidrosfer ?
2. Sebutkan unsur-unsur gas yang terdapat di atmosfer ?
3. Sebutkan dan jelaskan lapisan-lapisan atmosfer?
4. Apakah yang dimaksud dengan siklus hidrologi ?
5. Sebutkan dan jelaskan 3 siklus hidrologi ?
Remedial :
Mengerjakan kembali soal tes yang telah berlangsung.
Pengayaan :
Guru meminta peserta didik menyebutkan proses terjadinya hujan.
Penugasan :
Guru menyuruh peserta didik membuat sebuah artikel mengenai global warming.
Mengetahui : Padang, Maret 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPLK
Gustimar Melissa Nuzwar
NIP: 195508181980032005 89181/2007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs.N : SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar :4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan tentang cuaca dan iklim
• Mendeskripsikan tentang perairan darat dan perairan laut
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan tentang cuaca dan iklim
• Menjelaskan tentang perairan darat dan perairan laut
B. Materi Pembelajaran
• Cuaca dan iklim
a. Pengertian Cuaca & Iklim
- Cuaca adalah : Keadaan udara rata-rata pada suatu saat di suatu tempat.
- Iklim adalah : Keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dan dalam waktu yang
b. Unsur-unsur cuaca dan iklim sebagai berikut :
- Suhu (temperatur) udara
Adalah ukuran kuantitatif yang menunjukkan panas dinginnya udara. Alat ukurnya adalah thermometer. Contoh : untuk suhu badan, diruangan ber-AC.
- Tekanan udara
Adalah tekanan yang disebabkan oleh unsur-unsur udara terhadap permukaan bumi yang mengakibatkan adanya perbedaan suhu. Alat ukurnya adalah barometer. Contoh : makin tinggi suhu udara (gurun) tekanan udaranya semakin rendah dan sebaliknya.
- Kelembapan udara
Adalah kandungan uap air dalam udara/ atmosfer. Alat ukurnya adalah hygrometer.
- Angin
Adalah udara yang bergerak mengikuti tinggi rendahnya tekanan udara. Alat ukurnya adalah anemometer.
- Curah Hujan
Adalah banyak sedikitnya hujan yang jatuh pada suatu tempat di permukaan bumi. Alat ukurnya adalah Fluviometer/ ombrometer.
• Perairan darat dan perairan laut
a. Perairan darat
adalah semua perairan yang ada di darat.
Perairan darat dapat digolongkan menjadi beberapa bagian, yaitu :
- Sungai
Adalah saluran alami yang berfungsi mengalirkan air hujan, air tanah maupun air salju yang mencair ke danau/ ke laut dari daratan tinggi ke rendah. Bagian sungai di akhir pembuangan disebut muara sedangkan sungai yang memiliki banyak cabang disebut anak sungai.
- Danau
Adalah cekungan luas di daratan yang menjadi tempat penampungan air di sekitarnya. Contoh : danau toba.
- Telaga
Adalah telaga hampir sama dengan danau hanya luasnya lebih sempit. Telaga tidak memiliki gelombang yang mengabrasi.
- Rawa
Adalah bagian tanah yang lebih rendah dari tanah sekitarnya dan selalu tergenang air. Biasanya dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik.
- Air tanah
Adalah air yang terdapat/ tersimpan dalam lapisan tanah & batuan.
b. Perairan Laut
Air laut berasal dari perasan air yang berasal dari magma. Setiap volume magma berisi 5 % air. Pada waktu itu diperkirakan sekitar 2 juta km kubik magma keluar dipermukaan bumi. Dengan demikian, paling tidak ada 0,1 juta km kubik air yang terkandung. Inilah nanti yang akan terjadi air laut. Oleh karena itu, akhirnya air laut terasa asin karena berasal dari batuan yang banyak mengandung garam.
- Perairan laut berdasarkan luas& bentuknya
1. Teluk, adalah bagian laut yang menjorok (masuk) ke daratan.
2. Selat, adalah laut yang relative sempit dan terletak diantara 2 pulau.
3. Laut, adalah perairan yang terletak diantara pulau-pulau yang relative luas dibandingkan selat.
4. Samudera, adalah laut yang sangat luas dan terletak diantara benua-benua.
- Perairan laut berdasarkan proses terjadinya
1. Laut trangesi, adalah air laut yang terjadi karena adanya genangan air laut didaratan pada waktu berakhirnya zaman es.
2. Laut regresi, adalah laut yang menyempit, yang terjadi pada zaman es karena penurunan permukaan air laut.
3. Laut Ingresi, adalah laut yang terjadi karena dasar laut mengalami gerakan menurun.
- Perairan laut berdasarka letaknya
1. Laut tepi, adalah laut yang terletak ditepi benua. Contoh : laut cina selatan yang dipisahkan oleh Kepulauan Indonesia dan Filipina.
2. Laut Pertengahan, adalah laut yang terletak diantara benua-benua. Contoh : laut yang berada di Indonesia ( laut Mediterian).
3. Laut Pedalaman, adalah laut yang terletak ditengah-tengah benua dan dikelilingi oleh daratan. Contoh : laut hitam, laut mati, laut kaspia.
- Perairan laut menurut kedalamannya
1. Zona litoral, adalah terletak diantara garis pasang dan garis surut. Kedalamannya 0 m. Tampak beberapa jenis binatang tapi bukan ikan tetapi sejenis kepiting darat.
2. Zona Neritik, adalah laut yang terletak pada kedalaman 0 m- 200 m. contoh : laut jawa, selat malaka. Ciri-ciri : sinar matahari masih menembus dasar laut, kedalamannya lebih kurang 200 meter, bagian paling banyak terdapat ikan dan tumbuhan laut.
3. Zona Batial, adalah laut yang terlatak pada kedalaman 200 m- 1000 m. Ciri-ciri sinar matahari tidak ada lagi, kedalaman antara 200 m- 1000 m, tumbuh-tumbuhan jumlahnya terbatas.
4. Zona abisal, adalah laut yang terletak pada kedalaman 1000 m – 6000 m. ciri – cirri : sinar matahari tidak ada lagi, suhu sangat rendah mencapai titik beku, tumbuh-tumbuhan tidak ada lagi dan jumlah binatang menjadi terbatas.
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Simulasi
• Inquiri
• Observasi / Pengamatan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
Waktu
Kegiatan awal
1. Pra pendahuluan
a. menyiapkan kelas
b. menyiapkan peserta didik
2. Pendahuluan
a.Apersepsi : Guru menanyakan kepada siswa tentang terjadinya global warming
b.Motivasi : Guru menyebutkan tentang iklim yang terjadi pada saat sekarang ini di dunia
c. Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan diajarkan
10’
Kegiatan inti
1.Eksplorasi
Guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku IPS terpadu atau bahan ajar yang ada
2. Elaborasi
• Guru menjelaskan tentang cuaca & iklim serta perairan darat & laut
• Guru meminta peserta didik membuat sebuah karangan fakta tentang global warming yang berdampak terhadap makhluk hidup.
3. Konfirmasi
• Selanjutnya Guru menjelaskan materi secara keseluruhan diselangi dengan tanya jawab dengan peserta didiknya
• Setelah guru menjelaskan materi yang telah di ajarkan, guru meminta peserta didik untuk menuliskan di atas kertas 1 lembar tentang materi yang telah di ajarkan oleh guru.
10’
40’
10’
Kegiatan akhir
1.Guru dan peserta didik sama-sama menyimpulkan materi ajar yang telah dipelajari.
2.Guru memberikan pokok materi yang akan diajarkan untuk pertemuan selanjutnya.
10’
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber :
• Buku IPS Terpadu, Departemen Pendidikan Nasional, SMP Kelas VII
• Buku IPS Terpadu, Yudhistira, SMP Kelas VII
• Bahan Internet, http/; www.google.com
2. Alat/ Media
• Chart
• Gambar
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
• Tes Lisan
• Tes Tulis
2. Bentuk instrumen
• Tes Uraian
Tes Uraian
1. Jelaskan pengertian cuaca & iklim?
2. Sebutkan unsur-unsur pembentuk cuaca & iklim ?
3. Apakah yang dimaksud dengan kelembapan udara ?
4. Sebutkan perairan yang ada di darat ?
5. Apakah yang dimaksud dengan sungai ?
Remedial :
Mengerjakan kembali soal tes yang telah berlangsung.
Pengayaan :
Guru meminta peserta didik menyebutkan contoh daro stratosfer.
Penugasan :
Guru menyuruh peserta didik mencari gambar-gambar dari contoh lapisan-lapisan atmosfer.
Mengetahui : Padang, Maret 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPLK
Gustimar Melissa Nuzwar
NIP: 195508181980032005 89181/2007
BAHAN AJAR
Pengertian Atmosfer dan sifat-sifat fisik atmosfer
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian atmosfer
• Mendeskripsikan sifat fisik atmosfer
Uraian Materi :
• Pengertian atmosfer
Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos berarti udara, sphera berarti lapisan. Jadi, atmosfer adalah lapisan bumi yang menyelubungi bumi. Manusia, hewan dan tumbuhan tidak mungkin hidup tanpa atmosfer, karena pada lapisan ini banyak terdapat gas yang berguna dalam kehidupan, seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, neon, helium, ozon, hydrogen, Krypton, metana dan xenon.
Lapisan atmosfer berfungsi melindungi makhlik hidup dibumi dari sengatan sinar matahari, benturan benda-benda luar angkasa dan dinginnya luar angkasa.
• Sifat fisik atmosfer
a. Bersifat elastis dan dinamis sehingga dapat mengembang, mengecil dan berpindah-pindah
b. Tidak bewarna, tidak berbau dan tidak dapat dirasakan kecuali dalam bentuk angin
c. Transparan dalam bentuk radiasi
d. Mempunyai massa sehingga dapat menimbulkan tekanan
Kesimpulan :
• Pengertian atmosfer
Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos berarti udara, sphera berarti lapisan. Jadi, atmosfer adalah lapisan bumi yang menyelubungi bumi.
• Sifat fisik atmosfer
a. Bersifat elastis dan dinamis
b. Tidak bewarna, tidak berbau dan tidak dapat dirasakan
c. Transparan
d. Mempunyai massa
Penilaian :
1. Sebutkan sifat- sifat fisik udara ?
2. Tuliskan 5 unsur cuaca dan iklim ?
3. Jelaskan Pengertian atmosfer ?
BAHAN AJAR
Lapisan-lapisan atmosfer dan unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan lapisan-lapisan atmosfer
• Mendeskripsikan unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
Uraian Materi :
• Lapisan-lapisan atmosfer
a. Lapisan Troposfer
Lapisan atmosfer terendah yang berhubungan langsung dengan makhluk hidup dipermukaan bumi. Ketinggian lapisan atmosfer mencapai 8 km. lapisan ini amat penting bagi kelangsungan hidup, sebab banyak unsur yang berguna bagi perkembangan makhluk hidup seperti oksigen, nitrogen dan karbondioksida. Disamping itu, pada lapisan troposfer terjadi berbagai gejala cuaca, seperti awan, hujan dan angin.
b. Lapisan Stratosfer
Lapisan stratosfer terletak diatas lapisan troposfer sampai ketinggian 50 km. yang mana lapisan ini terdapat lapisan ozon yang merupakan pelindung bagi makhluk hidup dimuka bumi dari radiasi sinar ultraviolet.
c. Lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer terletak diatas lapisan stratosfer. Ketinggiannya berada diantara 50 km sampai 80 km diatas permukaan bumi. Lapisan ini sangat bermanfaat bagi bidang telekomunikasi. Lapisan mesosfer dapat memantulkan gelombang radio.
d. Lapisan Termosfer
Lapisan termosfer terletak diatas mesosfer dan berada pada ketinggian 80-500 km. Di lapisan ini terjadi kenaikan suhu udara secara tajam. Karenanya, lapisan ini dinamakan termosfer (termos berarti pans). Lapisan termosfer memiliki lapisan ionosfer, yaitu lapisan dari partikel bermuatan listrik yang dapat memantulkan gelombang radio keseluruh dunia.
e. Lapisan eksosfer
Berada pada ketinggian 1.000 km dan merupakan lapisan paling luar dari atmosfer. Lapisan atmosfer tidak mengandung udara sedikitpun. Dilapisan ini pengaruh gaya gravitasi sangat kecil.
• Unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
a. Nitrogen 78,8%
b. Oksigen 20,94%
c. Argon 0,95%
d. Karbondioksida 0,03%
e. Neon 0,0018%
f. Helium 0,0005%
g. Ozon 0,00006%
h. Hidrogen 0,00005%
i. Kripton sangat kecil
j. Xenon sangat kecil
k. Metan sangat kecil
Kesimpulan :
• Lapisan-lapisan atmosfer
a. Lapisan Troposfer
Lapisan atmosfer terendah yang berhubungan langsung dengan makhluk hidup dipermukaan bumi. Ketinggian lapisan atmosfer mencapai 8 km.
b. Lapisan Stratosfer
Lapisan stratosfer terletak diatas lapisan troposfer sampai ketinggian 50 km.
c. Lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer terletak diatas lapisan stratosfer. Ketinggiannya berada diantara 50 km sampai 80 km diatas permukaan bumi.
d. Lapisan Termosfer
Lapisan termosfer terletak diatas mesosfer dan berada pada ketinggian 80-500 km.
e. Lapisan eksosfer
Berada pada ketinggian 1.000 km dan merupakan lapisan paling luar dari atmosfer.
• Unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
a. Nitrogen 78,8%
b. Oksigen 20,94%
c. Argon 0,95%
d. Karbondioksida 0,03%
e. Neon 0,0018%
f. Helium 0,0005%
g. Ozon 0,00006%
h. Hidrogen 0,00005%
i. Kripton sangat kecil
j. Xenon sangat kecil
k. Metan sangat kecil
Penilaian :
Tes Uraian
1. Sebutkan 5 lapisan-lapisan atmosfer ?
2. Sebutkan 10 unsur-unsur gas yang terdapat di atmosfer ?
3. Jelaskan kegunaan nitrogen dan oksigen bagi kehidupan makhluk hidup ?
4. Apakah yang dimaksud dengan troposfer dan stratosfer ?
5. Sebutkan ketinggian dari lapisan-lapisan atmosfer ?
BAHAN AJAR
Pengertian Hidrosfer dan siklus hidrologi
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian hidrosfer
• Mendeskripsikan siklus hidrologi
Uraian Materi :
• Pengertian hidrosfer
Hydro berarti air dan sphere berarti lapisan. Jadi, yang dimaksud dengan hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi sebagian besar permukaan bumi. Air di permukaan bumi tidak bertambah dan tidak berkurang dan tetap sama walaupun kebutuhan air untuk makhluk hidup meningkat air di bumi tetap memiliki jumlah yang sama, mengapa demikian? Ini disebabkan karena adanya siklus hidrologi, apakah siklus itu?
- Siklus adalah putaran rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur.
- Hidrologi adalah istilah yang digunakan berkenaan dengan ilmu tentang air, baik keterdapatannya, peredaran dan sebarannya serta hubungan dengan lingkungan serta makhluk hidup.
- Jadi, siklus hidrologi adalah peredaran air secara umum dari laut ke atmosfer melalui penguapan, kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan mengalir diatas permukaan dan di dalam tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Demikian terus berulang dari waktu ke waktu.
• Siklus hidrologi
Terdapat 3 siklus hidrologi, yaitu :
- Siklus pendek
Penguapan (evaporasi) terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi kemudian membentuk awan dan akhirnya terjadi hujan yang jatuh ke laut lagi.
- Siklus sedang
Penguapan terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin, kemudian terbentuk awan diatas daratan terjadi hujan didaratan dan mengalir lagi ke laut melalui sungai di permukaan.
- Siklus Panjang
Penguapan (evaporasi) terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin dan membentuk awan diatas daratan hingga ke pegunungan tinggi, kemudian jatuh sebagai salju, terbentuk gletser, mengalir ke sungai dan selanjutnya kembali ke laut.
Kesimpulan :
• Pengertian hidrosfer
Hydro berarti air dan sphere berarti lapisan. Jadi, yang dimaksud dengan hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi sebagian besar permukaan bumi. Air di permukaan bumi tidak bertambah dan tidak berkurang dan tetap sama walaupun kebutuhan air untuk makhluk hidup meningkat air di bumi tetap memiliki jumlah yang sama, mengapa demikian? Ini disebabkan karena adanya siklus hidrologi, apakah siklus itu?
- Siklus adalah putaran rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur.
- Hidrologi adalah istilah yang digunakan berkenaan dengan ilmu tentang air, baik keterdapatannya, peredaran dan sebarannya serta hubungan dengan lingkungan serta makhluk hidup.
- Jadi, siklus hidrologi adalah peredaran air secara umum dari laut ke atmosfer melalui penguapan, kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan mengalir diatas permukaan dan di dalam tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Demikian terus berulang dari waktu ke waktu.
• Siklus hidrologi
Terdapat 3 siklus hidrologi, yaitu :
- Siklus pendek
- Siklus sedang
- Siklus Panjang
Penilaian :
1. Jelaskan pengertian atmosfer dan hidrosfer ?
2. Sebutkan unsur-unsur gas yang terdapat di atmosfer ?
3. Sebutkan dan jelaskan lapisan-lapisan atmosfer?
4. Apakah yang dimaksud dengan siklus hidrologi ?
5. Sebutkan dan jelaskan 3 siklus hidrologi ?
BAHAN AJAR
Cuaca & Iklim serta Perairan Darat & Laut
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan tentang cuaca dan iklim
• Mendeskripsikan tentang perairan darat dan perairan laut
Uraian Materi :
• Cuaca dan iklim
a. Pengertian Cuaca & Iklim
- Cuaca adalah : Keadaan udara rata-rata pada suatu saat di suatu tempat.
- Iklim adalah : Keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dan dalam waktu yang
b. Unsur-unsur cuaca dan iklim sebagai berikut :
- Suhu (temperatur) udara
Adalah ukuran kuantitatif yang menunjukkan panas dinginnya udara. Alat ukurnya adalah thermometer. Contoh : untuk suhu badan, diruangan ber-AC.
- Tekanan udara
Adalah tekanan yang disebabkan oleh unsur-unsur udara terhadap permukaan bumi yang mengakibatkan adanya perbedaan suhu. Alat ukurnya adalah barometer. Contoh : makin tinggi suhu udara (gurun) tekanan udaranya semakin rendah dan sebaliknya.
- Kelembapan udara
Adalah kandungan uap air dalam udara/ atmosfer. Alat ukurnya adalah hygrometer.
- Angin
Adalah udara yang bergerak mengikuti tinggi rendahnya tekanan udara. Alat ukurnya adalah anemometer.
- Curah Hujan
Adalah banyak sedikitnya hujan yang jatuh pada suatu tempat di permukaan bumi. Alat ukurnya adalah Fluviometer/ ombrometer.
• Perairan darat dan perairan laut
a. Perairan darat
adalah semua perairan yang ada di darat.
Perairan darat dapat digolongkan menjadi beberapa bagian, yaitu :
- Sungai
Adalah saluran alami yang berfungsi mengalirkan air hujan, air tanah maupun air salju yang mencair ke danau/ ke laut dari daratan tinggi ke rendah. Bagian sungai di akhir pembuangan disebut muara sedangkan sungai yang memiliki banyak cabang disebut anak sungai.
- Danau
Adalah cekungan luas di daratan yang menjadi tempat penampungan air di sekitarnya. Contoh : danau toba.
- Telaga
Adalah telaga hampir sama dengan danau hanya luasnya lebih sempit. Telaga tidak memiliki gelombang yang mengabrasi.
- Rawa
Adalah bagian tanah yang lebih rendah dari tanah sekitarnya dan selalu tergenang air. Biasanya dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik.
- Air tanah
Adalah air yang terdapat/ tersimpan dalam lapisan tanah & batuan.
b. Perairan Laut
Air laut berasal dari perasan air yang berasal dari magma. Setiap volume magma berisi 5 % air. Pada waktu itu diperkirakan sekitar 2 juta km kubik magma keluar dipermukaan bumi. Dengan demikian, paling tidak ada 0,1 juta km kubik air yang terkandung. Inilah nanti yang akan terjadi air laut. Oleh karena itu, akhirnya air laut terasa asin karena berasal dari batuan yang banyak mengandung garam.
- Perairan laut berdasarkan luas& bentuknya
1. Teluk, adalah bagian laut yang menjorok (masuk) ke daratan.
2. Selat, adalah laut yang relative sempit dan terletak diantara 2 pulau.
3. Laut, adalah perairan yang terletak diantara pulau-pulau yang relative luas dibandingkan selat.
4. Samudera, adalah laut yang sangat luas dan terletak diantara benua-benua.
- Perairan laut berdasarkan proses terjadinya
1. Laut trangesi, adalah air laut yang terjadi karena adanya genangan air laut didaratan pada waktu berakhirnya zaman es.
2. Laut regresi, adalah laut yang menyempit, yang terjadi pada zaman es karena penurunan permukaan air laut.
3. Laut Ingresi, adalah laut yang terjadi karena dasar laut mengalami gerakan menurun.
- Perairan laut berdasarka letaknya
1. Laut tepi, adalah laut yang terletak ditepi benua. Contoh : laut cina selatan yang dipisahkan oleh Kepulauan Indonesia dan Filipina.
2. Laut Pertengahan, adalah laut yang terletak diantara benua-benua. Contoh : laut yang berada di Indonesia ( laut Mediterian).
3. Laut Pedalaman, adalah laut yang terletak ditengah-tengah benua dan dikelilingi oleh daratan. Contoh : laut hitam, laut mati, laut kaspia.
- Perairan laut menurut kedalamannya
1. Zona litoral, adalah terletak diantara garis pasang dan garis surut. Kedalamannya 0 m. Tampak beberapa jenis binatang tapi bukan ikan tetapi sejenis kepiting darat.
2. Zona Neritik, adalah laut yang terletak pada kedalaman 0 m- 200 m. contoh : laut jawa, selat malaka. Ciri-ciri : sinar matahari masih menembus dasar laut, kedalamannya lebih kurang 200 meter, bagian paling banyak terdapat ikan dan tumbuhan laut.
3. Zona Batial, adalah laut yang terlatak pada kedalaman 200 m- 1000 m. Ciri-ciri sinar matahari tidak ada lagi, kedalaman antara 200 m- 1000 m, tumbuh-tumbuhan jumlahnya terbatas.
4. Zona abisal, adalah laut yang terletak pada kedalaman 1000 m – 6000 m. ciri – cirri : sinar matahari tidak ada lagi, suhu sangat rendah mencapai titik beku, tumbuh-tumbuhan tidak ada lagi dan jumlah binatang menjadi terbatas.
Kesimpulan :
• Cuaca dan iklim
a. Pengertian Cuaca & Iklim
- Cuaca adalah : Keadaan udara rata-rata pada suatu saat di suatu tempat.
- Iklim adalah : Keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dan dalam waktu yang
b. Unsur-unsur cuaca dan iklim sebagai berikut :
- Suhu (temperatur) udara
Adalah ukuran kuantitatif yang menunjukkan panas dinginnya udara. Alat ukurnya adalah thermometer. Contoh : untuk suhu badan, diruangan ber-AC.
- Tekanan udara
Adalah tekanan yang disebabkan oleh unsur-unsur udara terhadap permukaan bumi yang mengakibatkan adanya perbedaan suhu. Alat ukurnya adalah barometer. Contoh : makin tinggi suhu udara (gurun) tekanan udaranya semakin rendah dan sebaliknya.
- Kelembapan udara
Adalah kandungan uap air dalam udara/ atmosfer. Alat ukurnya adalah hygrometer.
- Angin
Adalah udara yang bergerak mengikuti tinggi rendahnya tekanan udara. Alat ukurnya adalah anemometer.
- Curah Hujan
Adalah banyak sedikitnya hujan yang jatuh pada suatu tempat di permukaan bumi. Alat ukurnya adalah Fluviometer/ ombrometer.
• Perairan darat dan perairan laut
a. Perairan darat
adalah semua perairan yang ada di darat.
Perairan darat dapat digolongkan menjadi beberapa bagian, yaitu :
- Sungai
Adalah saluran alami yang berfungsi mengalirkan air hujan, air tanah maupun air salju yang mencair ke danau/ ke laut dari daratan tinggi ke rendah. Bagian sungai di akhir pembuangan disebut muara sedangkan sungai yang memiliki banyak cabang disebut anak sungai.
- Danau
Adalah cekungan luas di daratan yang menjadi tempat penampungan air di sekitarnya. Contoh : danau toba.
- Telaga
Adalah telaga hampir sama dengan danau hanya luasnya lebih sempit. Telaga tidak memiliki gelombang yang mengabrasi.
- Rawa
Adalah bagian tanah yang lebih rendah dari tanah sekitarnya dan selalu tergenang air. Biasanya dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik.
- Air tanah
Adalah air yang terdapat/ tersimpan dalam lapisan tanah & batuan.
b. Perairan Laut
Air laut berasal dari perasan air yang berasal dari magma. Setiap volume magma berisi 5 % air. Pada waktu itu diperkirakan sekitar 2 juta km kubik magma keluar dipermukaan bumi. Dengan demikian, paling tidak ada 0,1 juta km kubik air yang terkandung. Inilah nanti yang akan terjadi air laut. Oleh karena itu, akhirnya air laut terasa asin karena berasal dari batuan yang banyak mengandung garam.
- Perairan laut berdasarkan luas& bentuknya
1. Teluk
2. Selat
3. Laut
4. Samudera
- Perairan laut berdasarkan proses terjadinya
1. Laut trangesi
2. Laut regresi
3. Laut Ingresi
- Perairan laut berdasarka letaknya
1. Laut tepi
2. Laut Pertengahan
3. Laut Pedalaman
- Perairan laut menurut kedalamannya
1. Zona litoral
2. Zona Neritik
3. Zona Batial
4. Zona abisal
Penilaian :
1. Jelaskan pengertian cuaca & iklim?
2. Sebutkan unsur-unsur pembentuk cuaca & iklim ?
3. Apakah yang dimaksud dengan kelembapan udara ?
4. Sebutkan perairan yang ada di darat ?
5. Apakah yang dimaksud dengan sungai ?
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar :4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian atmosfer
• Mendeskripsikan sifat fisik atmosfer
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian atmosfer
• Menjelaskan sifat fisik atmosfer
B. Materi Pembelajaran
• Pengertian atmosfer
Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos berarti udara, sphera berarti lapisan. Jadi, atmosfer adalah lapisan bumi yang menyelubungi bumi. Manusia, hewan dan tumbuhan tidak mungkin hidup tanpa atmosfer, karena pada lapisan ini banyak terdapat gas yang berguna dalam kehidupan, seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, neon, helium, ozon, hydrogen, Krypton, metana dan xenon.
Lapisan atmosfer berfungsi melindungi makhlik hidup dibumi dari sengatan sinar matahari, benturan benda-benda luar angkasa dan dinginnya luar angkasa.
• Sifat fisik atmosfer
a. Bersifat elastis dan dinamis sehingga dapat mengembang, mengecil dan berpindah-pindah
b. Tidak bewarna, tidak berbau dan tidak dapat dirasakan kecuali dalam bentuk angin
c. Transparan dalam bentuk radiasi
d. Mempunyai massa sehingga dapat menimbulkan tekanan
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Simulasi
• Inquiri
• Observasi / Pengamatan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
Waktu
Kegiatan awal
1. Pra pendahuluan
a. menyiapkan kelas
b. menyiapkan peserta didik
2. Pendahuluan
a.Apersepsi : Guru meminta siswa merasakan dan melihat keadaan cuaca yang ada pada saat sekarang ini
b.Motivasi : Guru menjelaskan maksud dari atmosfer
c. Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan diajarkan
10’
Kegiatan inti
1.Eksplorasi
Guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku IPS terpadu atau bahan ajar yang ada
2. Elaborasi
• Guru menjelaskan tentang pengertian atmosfer dan sifat fisik atmosfer
• Guru meminta peserta didik membuat sebuah karangan cerita mengenai atmosfer dan pengaruhnya terhadap bumi.
3. Konfirmasi
• Setelah itu guru meminta beberapa peserta didik membacanya karangannya di depan kelas dan peserta didik yang lainnya menanggapi tentang karangan cerita tersebut.
• Dan selanjutnya Guru menjelaskan materi secara keseluruhan diselangi dengan tanya jawab dengan peserta didiknya
• Setelah guru menjelaskan materi yang telah di ajarkan, guru meminta peserta didik untuk menuliskan di atas kertas 1 lembar tentang materi yang telah di ajarkan oleh guru.
10’
40’
10’
Kegiatan akhir
1.Guru dan peserta didik sama-sama menyimpulkan materi ajar yang telah dipelajari.
2.Guru memberikan pokok materi yang akan diajarkan untuk pertemuan selanjutnya.
10’
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber :
• Buku IPS Terpadu, Departemen Pendidikan Nasional, SMP Kelas VII
• Buku IPS Terpadu, Yudhistira, SMP Kelas VII
• Bahan Internet, http/; www.google.com
2. Alat/ Media
• Chart
• Gambar
A. F. Penilaian
Ø Teknik : Portofolio
Ø Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Ø Topik : “Apakah pertambahan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi berpotensi besar menyebabkan kerusakan lapisan ozon?” Tulislah komentarmu dalam bentuk karangan analitis!
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
Isi menunjukkan bukti-bukti dari masalah kepemilikan kendaraan pribadi yang berpengaruh terhadap kerusakan ozon
Isi berupa kalimat yang kritis dan menunjukkan kepedulian
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap permasalahan
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
Orisinalitas karangan
Nilai rata-rata
Komentar
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
Mengetahui : Padang, Maret 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPLK
Gustimar Melissa Nuzwar
NIP: 195508181980032005 89181/2007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs.N : SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar :4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan lapisan-lapisan atmosfer
• Mendeskripsikan unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan lapisan-lapisan atmosfer
• Menjelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
B. Materi Pembelajaran
• Lapisan-lapisan atmosfer
a. Lapisan Troposfer
Lapisan atmosfer terendah yang berhubungan langsung dengan makhluk hidup dipermukaan bumi. Ketinggian lapisan atmosfer mencapai 8 km. lapisan ini amat penting bagi kelangsungan hidup, sebab banyak unsur yang berguna bagi perkembangan makhluk hidup seperti oksigen, nitrogen dan karbondioksida. Disamping itu, pada lapisan troposfer terjadi berbagai gejala cuaca, seperti awan, hujan dan angin.
a. Lapisan Stratosfer
Lapisan stratosfer terletak diatas lapisan troposfer sampai ketinggian 50 km. yang mana lapisan ini terdapat lapisan ozon yang merupakan pelindung bagi makhluk hidup dimuka bumi dari radiasi sinar ultraviolet.
b. Lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer terletak diatas lapisan stratosfer. Ketinggiannya berada diantara 50 km sampai 80 km diatas permukaan bumi. Lapisan ini sangat bermanfaat bagi bidang telekomunikasi. Lapisan mesosfer dapat memantulkan gelombang radio.
c. Lapisan Termosfer
Lapisan termosfer terletak diatas mesosfer dan berada pada ketinggian 80-500 km. Di lapisan ini terjadi kenaikan suhu udara secara tajam. Karenanya, lapisan ini dinamakan termosfer (termos berarti pans). Lapisan termosfer memiliki lapisan ionosfer, yaitu lapisan dari partikel bermuatan listrik yang dapat memantulkan gelombang radio keseluruh dunia.
d. Lapisan eksosfer
Berada pada ketinggian 1.000 km dan merupakan lapisan paling luar dari atmosfer. Lapisan atmosfer tidak mengandung udara sedikitpun. Dilapisan ini pengaruh gaya gravitasi sangat kecil.
• Unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
a. Nitrogen 78,8%
b. Oksigen 20,94%
c. Argon 0,95%
d. Karbondioksida 0,03%
e. Neon 0,0018%
f. Helium 0,0005%
g. Ozon 0,00006%
h. Hidrogen 0,00005%
i. Kripton sangat kecil
j. Xenon sangat kecil
k. Metan sangat kecil
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Simulasi
• Inquiri
• Observasi / Pengamatan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
Waktu
Kegiatan awal
1. Pra pendahuluan
a. menyiapkan kelas
b. menyiapkan peserta didik
2. Pendahuluan
a.Apersepsi : Guru menanyakan kepada siswa pesawat mencapai ketinggiannya sampai berapa meter.
b.Motivasi : Guru menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer
c. Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan diajarkan
10’
Kegiatan inti
1.Eksplorasi
Guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku IPS terpadu atau bahan ajar yang ada
2. Elaborasi
• Guru menjelaskan tentang pengertian lapisan-lapisan atmosfer dan unsure-unsur yang terdapat dalam atmosfer
• Guru meminta peserta didik membuat sebuah benda-benda yang sesuai dengan ketinggian lapisan-lapisan atmosfer.
3. Konfirmasi
• Selanjutnya Guru menjelaskan materi secara keseluruhan diselangi dengan tanya jawab dengan peserta didiknya
• Setelah guru menjelaskan materi yang telah di ajarkan, guru meminta peserta didik untuk menuliskan di atas kertas 1 lembar tentang materi yang telah di ajarkan oleh guru.
10’
40’
10’
Kegiatan akhir
1.Guru dan peserta didik sama-sama menyimpulkan materi ajar yang telah dipelajari.
2.Guru memberikan pokok materi yang akan diajarkan untuk pertemuan selanjutnya.
10’
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber :
• Buku IPS Terpadu, Departemen Pendidikan Nasional, SMP Kelas VII
• Buku IPS Terpadu, Yudhistira, SMP Kelas VII
• Bahan Internet, http/; www.google.com
2. Alat/ Media
• Chart
• Gambar
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
• Tes Lisan
• Tes Tulis
2. Bentuk instrumen
• Tes Uraian
Tes Uraian
1. Sebutkan 5 lapisan-lapisan atmosfer ?
2. Sebutkan 10 unsur-unsur gas yang terdapat di atmosfer ?
3. Jelaskan kegunaan nitrogen dan oksigen bagi kehidupan makhluk hidup ?
4. Apakah yang dimaksud dengan troposfer dan stratosfer ?
5. Sebutkan ketinggian dari lapisan-lapisan atmosfer ?
Remedial :
Mengerjakan kembali soal tes yang telah berlangsung.
Pengayaan :
Guru meminta peserta didik menyebutkan contoh daro stratosfer.
Penugasan :
Guru menyuruh peserta didik mencari gambar-gambar dari contoh lapisan-lapisan atmosfer.
Mengetahui : Padang, Maret 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPLK
Gustimar Melissa Nuzwar
NIP: 195508181980032005 89181/2007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs.N : SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar :4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian hidrosfer
• Mendeskripsikan siklus hidrologi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian hidrosfer
• Menjelaskan siklus hidrologi
B. Materi Pembelajaran
• Pengertian hidrosfer
Hydro berarti air dan sphere berarti lapisan. Jadi, yang dimaksud dengan hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi sebagian besar permukaan bumi. Air di permukaan bumi tidak bertambah dan tidak berkurang dan tetap sama walaupun kebutuhan air untuk makhluk hidup meningkat air di bumi tetap memiliki jumlah yang sama, mengapa demikian? Ini disebabkan karena adanya siklus hidrologi, apakah siklus itu?
- Siklus adalah putaran rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur.
- Hidrologi adalah istilah yang digunakan berkenaan dengan ilmu tentang air, baik keterdapatannya, peredaran dan sebarannya serta hubungan dengan lingkungan serta makhluk hidup.
- Jadi, siklus hidrologi adalah peredaran air secara umum dari laut ke atmosfer melalui penguapan, kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan mengalir diatas permukaan dan di dalam tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Demikian terus berulang dari waktu ke waktu.
• Siklus hidrologi
Terdapat 3 siklus hidrologi, yaitu :
- Siklus pendek
Penguapan (evaporasi) terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi kemudian membentuk awan dan akhirnya terjadi hujan yang jatuh ke laut lagi.
- Siklus sedang
Penguapan terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin, kemudian terbentuk awan diatas daratan terjadi hujan didaratan dan mengalir lagi ke laut melalui sungai di permukaan.
- Siklus Panjang
Penguapan (evaporasi) terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin dan membentuk awan diatas daratan hingga ke pegunungan tinggi, kemudian jatuh sebagai salju, terbentuk gletser, mengalir ke sungai dan selanjutnya kembali ke laut.
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Simulasi
• Inquiri
• Observasi / Pengamatan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
Waktu
Kegiatan awal
1. Pra pendahuluan
a. menyiapkan kelas
b. menyiapkan peserta didik
2. Pendahuluan
a.Apersepsi : Guru meminta siswa melihat keadaan cuaca yang mendung.
b.Motivasi : Guru menjelaskan tentang proses terjadinya hujan
c. Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan diajarkan
10’
Kegiatan inti
1.Eksplorasi
Guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku IPS terpadu atau bahan ajar yang ada
2. Elaborasi
• Guru menjelaskan tentang hidrosfer dan siklus hidrologi
• Guru meminta peserta didik membuat gambar siklus terjadinya hujan setelah dijelaskan pengertiannya oleh guru.
3. Konfirmasi
• Selanjutnya Guru menjelaskan materi secara keseluruhan diselangi dengan tanya jawab dengan peserta didiknya
• Setelah guru menjelaskan materi yang telah di ajarkan, guru meminta peserta didik untuk menuliskan di atas kertas 1 lembar tentang materi yang telah di ajarkan oleh guru.
10’
40’
10’
Kegiatan akhir
1.Guru dan peserta didik sama-sama menyimpulkan materi ajar yang telah dipelajari.
2.Guru memberikan pokok materi yang akan diajarkan untuk pertemuan selanjutnya.
10’
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber :
• Buku IPS Terpadu, Departemen Pendidikan Nasional, SMP Kelas VII
• Buku IPS Terpadu, Yudhistira, SMP Kelas VII
• Bahan Internet, http/; www.google.com
2. Alat/ Media
• Chart
• Gambar
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
• Tes Lisan
• Tes Tulis
2. Bentuk instrumen
• Tes Uraian
Tes Uraian
1. Jelaskan pengertian atmosfer dan hidrosfer ?
2. Sebutkan unsur-unsur gas yang terdapat di atmosfer ?
3. Sebutkan dan jelaskan lapisan-lapisan atmosfer?
4. Apakah yang dimaksud dengan siklus hidrologi ?
5. Sebutkan dan jelaskan 3 siklus hidrologi ?
Remedial :
Mengerjakan kembali soal tes yang telah berlangsung.
Pengayaan :
Guru meminta peserta didik menyebutkan proses terjadinya hujan.
Penugasan :
Guru menyuruh peserta didik membuat sebuah artikel mengenai global warming.
Mengetahui : Padang, Maret 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPLK
Gustimar Melissa Nuzwar
NIP: 195508181980032005 89181/2007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs.N : SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar :4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan tentang cuaca dan iklim
• Mendeskripsikan tentang perairan darat dan perairan laut
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan tentang cuaca dan iklim
• Menjelaskan tentang perairan darat dan perairan laut
B. Materi Pembelajaran
• Cuaca dan iklim
a. Pengertian Cuaca & Iklim
- Cuaca adalah : Keadaan udara rata-rata pada suatu saat di suatu tempat.
- Iklim adalah : Keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dan dalam waktu yang
b. Unsur-unsur cuaca dan iklim sebagai berikut :
- Suhu (temperatur) udara
Adalah ukuran kuantitatif yang menunjukkan panas dinginnya udara. Alat ukurnya adalah thermometer. Contoh : untuk suhu badan, diruangan ber-AC.
- Tekanan udara
Adalah tekanan yang disebabkan oleh unsur-unsur udara terhadap permukaan bumi yang mengakibatkan adanya perbedaan suhu. Alat ukurnya adalah barometer. Contoh : makin tinggi suhu udara (gurun) tekanan udaranya semakin rendah dan sebaliknya.
- Kelembapan udara
Adalah kandungan uap air dalam udara/ atmosfer. Alat ukurnya adalah hygrometer.
- Angin
Adalah udara yang bergerak mengikuti tinggi rendahnya tekanan udara. Alat ukurnya adalah anemometer.
- Curah Hujan
Adalah banyak sedikitnya hujan yang jatuh pada suatu tempat di permukaan bumi. Alat ukurnya adalah Fluviometer/ ombrometer.
• Perairan darat dan perairan laut
a. Perairan darat
adalah semua perairan yang ada di darat.
Perairan darat dapat digolongkan menjadi beberapa bagian, yaitu :
- Sungai
Adalah saluran alami yang berfungsi mengalirkan air hujan, air tanah maupun air salju yang mencair ke danau/ ke laut dari daratan tinggi ke rendah. Bagian sungai di akhir pembuangan disebut muara sedangkan sungai yang memiliki banyak cabang disebut anak sungai.
- Danau
Adalah cekungan luas di daratan yang menjadi tempat penampungan air di sekitarnya. Contoh : danau toba.
- Telaga
Adalah telaga hampir sama dengan danau hanya luasnya lebih sempit. Telaga tidak memiliki gelombang yang mengabrasi.
- Rawa
Adalah bagian tanah yang lebih rendah dari tanah sekitarnya dan selalu tergenang air. Biasanya dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik.
- Air tanah
Adalah air yang terdapat/ tersimpan dalam lapisan tanah & batuan.
b. Perairan Laut
Air laut berasal dari perasan air yang berasal dari magma. Setiap volume magma berisi 5 % air. Pada waktu itu diperkirakan sekitar 2 juta km kubik magma keluar dipermukaan bumi. Dengan demikian, paling tidak ada 0,1 juta km kubik air yang terkandung. Inilah nanti yang akan terjadi air laut. Oleh karena itu, akhirnya air laut terasa asin karena berasal dari batuan yang banyak mengandung garam.
- Perairan laut berdasarkan luas& bentuknya
1. Teluk, adalah bagian laut yang menjorok (masuk) ke daratan.
2. Selat, adalah laut yang relative sempit dan terletak diantara 2 pulau.
3. Laut, adalah perairan yang terletak diantara pulau-pulau yang relative luas dibandingkan selat.
4. Samudera, adalah laut yang sangat luas dan terletak diantara benua-benua.
- Perairan laut berdasarkan proses terjadinya
1. Laut trangesi, adalah air laut yang terjadi karena adanya genangan air laut didaratan pada waktu berakhirnya zaman es.
2. Laut regresi, adalah laut yang menyempit, yang terjadi pada zaman es karena penurunan permukaan air laut.
3. Laut Ingresi, adalah laut yang terjadi karena dasar laut mengalami gerakan menurun.
- Perairan laut berdasarka letaknya
1. Laut tepi, adalah laut yang terletak ditepi benua. Contoh : laut cina selatan yang dipisahkan oleh Kepulauan Indonesia dan Filipina.
2. Laut Pertengahan, adalah laut yang terletak diantara benua-benua. Contoh : laut yang berada di Indonesia ( laut Mediterian).
3. Laut Pedalaman, adalah laut yang terletak ditengah-tengah benua dan dikelilingi oleh daratan. Contoh : laut hitam, laut mati, laut kaspia.
- Perairan laut menurut kedalamannya
1. Zona litoral, adalah terletak diantara garis pasang dan garis surut. Kedalamannya 0 m. Tampak beberapa jenis binatang tapi bukan ikan tetapi sejenis kepiting darat.
2. Zona Neritik, adalah laut yang terletak pada kedalaman 0 m- 200 m. contoh : laut jawa, selat malaka. Ciri-ciri : sinar matahari masih menembus dasar laut, kedalamannya lebih kurang 200 meter, bagian paling banyak terdapat ikan dan tumbuhan laut.
3. Zona Batial, adalah laut yang terlatak pada kedalaman 200 m- 1000 m. Ciri-ciri sinar matahari tidak ada lagi, kedalaman antara 200 m- 1000 m, tumbuh-tumbuhan jumlahnya terbatas.
4. Zona abisal, adalah laut yang terletak pada kedalaman 1000 m – 6000 m. ciri – cirri : sinar matahari tidak ada lagi, suhu sangat rendah mencapai titik beku, tumbuh-tumbuhan tidak ada lagi dan jumlah binatang menjadi terbatas.
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Simulasi
• Inquiri
• Observasi / Pengamatan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
Waktu
Kegiatan awal
1. Pra pendahuluan
a. menyiapkan kelas
b. menyiapkan peserta didik
2. Pendahuluan
a.Apersepsi : Guru menanyakan kepada siswa tentang terjadinya global warming
b.Motivasi : Guru menyebutkan tentang iklim yang terjadi pada saat sekarang ini di dunia
c. Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan diajarkan
10’
Kegiatan inti
1.Eksplorasi
Guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku IPS terpadu atau bahan ajar yang ada
2. Elaborasi
• Guru menjelaskan tentang cuaca & iklim serta perairan darat & laut
• Guru meminta peserta didik membuat sebuah karangan fakta tentang global warming yang berdampak terhadap makhluk hidup.
3. Konfirmasi
• Selanjutnya Guru menjelaskan materi secara keseluruhan diselangi dengan tanya jawab dengan peserta didiknya
• Setelah guru menjelaskan materi yang telah di ajarkan, guru meminta peserta didik untuk menuliskan di atas kertas 1 lembar tentang materi yang telah di ajarkan oleh guru.
10’
40’
10’
Kegiatan akhir
1.Guru dan peserta didik sama-sama menyimpulkan materi ajar yang telah dipelajari.
2.Guru memberikan pokok materi yang akan diajarkan untuk pertemuan selanjutnya.
10’
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Sumber :
• Buku IPS Terpadu, Departemen Pendidikan Nasional, SMP Kelas VII
• Buku IPS Terpadu, Yudhistira, SMP Kelas VII
• Bahan Internet, http/; www.google.com
2. Alat/ Media
• Chart
• Gambar
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
• Tes Lisan
• Tes Tulis
2. Bentuk instrumen
• Tes Uraian
Tes Uraian
1. Jelaskan pengertian cuaca & iklim?
2. Sebutkan unsur-unsur pembentuk cuaca & iklim ?
3. Apakah yang dimaksud dengan kelembapan udara ?
4. Sebutkan perairan yang ada di darat ?
5. Apakah yang dimaksud dengan sungai ?
Remedial :
Mengerjakan kembali soal tes yang telah berlangsung.
Pengayaan :
Guru meminta peserta didik menyebutkan contoh daro stratosfer.
Penugasan :
Guru menyuruh peserta didik mencari gambar-gambar dari contoh lapisan-lapisan atmosfer.
Mengetahui : Padang, Maret 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPLK
Gustimar Melissa Nuzwar
NIP: 195508181980032005 89181/2007
BAHAN AJAR
Pengertian Atmosfer dan sifat-sifat fisik atmosfer
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian atmosfer
• Mendeskripsikan sifat fisik atmosfer
Uraian Materi :
• Pengertian atmosfer
Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos berarti udara, sphera berarti lapisan. Jadi, atmosfer adalah lapisan bumi yang menyelubungi bumi. Manusia, hewan dan tumbuhan tidak mungkin hidup tanpa atmosfer, karena pada lapisan ini banyak terdapat gas yang berguna dalam kehidupan, seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, neon, helium, ozon, hydrogen, Krypton, metana dan xenon.
Lapisan atmosfer berfungsi melindungi makhlik hidup dibumi dari sengatan sinar matahari, benturan benda-benda luar angkasa dan dinginnya luar angkasa.
• Sifat fisik atmosfer
a. Bersifat elastis dan dinamis sehingga dapat mengembang, mengecil dan berpindah-pindah
b. Tidak bewarna, tidak berbau dan tidak dapat dirasakan kecuali dalam bentuk angin
c. Transparan dalam bentuk radiasi
d. Mempunyai massa sehingga dapat menimbulkan tekanan
Kesimpulan :
• Pengertian atmosfer
Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos berarti udara, sphera berarti lapisan. Jadi, atmosfer adalah lapisan bumi yang menyelubungi bumi.
• Sifat fisik atmosfer
a. Bersifat elastis dan dinamis
b. Tidak bewarna, tidak berbau dan tidak dapat dirasakan
c. Transparan
d. Mempunyai massa
Penilaian :
1. Sebutkan sifat- sifat fisik udara ?
2. Tuliskan 5 unsur cuaca dan iklim ?
3. Jelaskan Pengertian atmosfer ?
BAHAN AJAR
Lapisan-lapisan atmosfer dan unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan lapisan-lapisan atmosfer
• Mendeskripsikan unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
Uraian Materi :
• Lapisan-lapisan atmosfer
a. Lapisan Troposfer
Lapisan atmosfer terendah yang berhubungan langsung dengan makhluk hidup dipermukaan bumi. Ketinggian lapisan atmosfer mencapai 8 km. lapisan ini amat penting bagi kelangsungan hidup, sebab banyak unsur yang berguna bagi perkembangan makhluk hidup seperti oksigen, nitrogen dan karbondioksida. Disamping itu, pada lapisan troposfer terjadi berbagai gejala cuaca, seperti awan, hujan dan angin.
b. Lapisan Stratosfer
Lapisan stratosfer terletak diatas lapisan troposfer sampai ketinggian 50 km. yang mana lapisan ini terdapat lapisan ozon yang merupakan pelindung bagi makhluk hidup dimuka bumi dari radiasi sinar ultraviolet.
c. Lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer terletak diatas lapisan stratosfer. Ketinggiannya berada diantara 50 km sampai 80 km diatas permukaan bumi. Lapisan ini sangat bermanfaat bagi bidang telekomunikasi. Lapisan mesosfer dapat memantulkan gelombang radio.
d. Lapisan Termosfer
Lapisan termosfer terletak diatas mesosfer dan berada pada ketinggian 80-500 km. Di lapisan ini terjadi kenaikan suhu udara secara tajam. Karenanya, lapisan ini dinamakan termosfer (termos berarti pans). Lapisan termosfer memiliki lapisan ionosfer, yaitu lapisan dari partikel bermuatan listrik yang dapat memantulkan gelombang radio keseluruh dunia.
e. Lapisan eksosfer
Berada pada ketinggian 1.000 km dan merupakan lapisan paling luar dari atmosfer. Lapisan atmosfer tidak mengandung udara sedikitpun. Dilapisan ini pengaruh gaya gravitasi sangat kecil.
• Unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
a. Nitrogen 78,8%
b. Oksigen 20,94%
c. Argon 0,95%
d. Karbondioksida 0,03%
e. Neon 0,0018%
f. Helium 0,0005%
g. Ozon 0,00006%
h. Hidrogen 0,00005%
i. Kripton sangat kecil
j. Xenon sangat kecil
k. Metan sangat kecil
Kesimpulan :
• Lapisan-lapisan atmosfer
a. Lapisan Troposfer
Lapisan atmosfer terendah yang berhubungan langsung dengan makhluk hidup dipermukaan bumi. Ketinggian lapisan atmosfer mencapai 8 km.
b. Lapisan Stratosfer
Lapisan stratosfer terletak diatas lapisan troposfer sampai ketinggian 50 km.
c. Lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer terletak diatas lapisan stratosfer. Ketinggiannya berada diantara 50 km sampai 80 km diatas permukaan bumi.
d. Lapisan Termosfer
Lapisan termosfer terletak diatas mesosfer dan berada pada ketinggian 80-500 km.
e. Lapisan eksosfer
Berada pada ketinggian 1.000 km dan merupakan lapisan paling luar dari atmosfer.
• Unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer
a. Nitrogen 78,8%
b. Oksigen 20,94%
c. Argon 0,95%
d. Karbondioksida 0,03%
e. Neon 0,0018%
f. Helium 0,0005%
g. Ozon 0,00006%
h. Hidrogen 0,00005%
i. Kripton sangat kecil
j. Xenon sangat kecil
k. Metan sangat kecil
Penilaian :
Tes Uraian
1. Sebutkan 5 lapisan-lapisan atmosfer ?
2. Sebutkan 10 unsur-unsur gas yang terdapat di atmosfer ?
3. Jelaskan kegunaan nitrogen dan oksigen bagi kehidupan makhluk hidup ?
4. Apakah yang dimaksud dengan troposfer dan stratosfer ?
5. Sebutkan ketinggian dari lapisan-lapisan atmosfer ?
BAHAN AJAR
Pengertian Hidrosfer dan siklus hidrologi
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian hidrosfer
• Mendeskripsikan siklus hidrologi
Uraian Materi :
• Pengertian hidrosfer
Hydro berarti air dan sphere berarti lapisan. Jadi, yang dimaksud dengan hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi sebagian besar permukaan bumi. Air di permukaan bumi tidak bertambah dan tidak berkurang dan tetap sama walaupun kebutuhan air untuk makhluk hidup meningkat air di bumi tetap memiliki jumlah yang sama, mengapa demikian? Ini disebabkan karena adanya siklus hidrologi, apakah siklus itu?
- Siklus adalah putaran rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur.
- Hidrologi adalah istilah yang digunakan berkenaan dengan ilmu tentang air, baik keterdapatannya, peredaran dan sebarannya serta hubungan dengan lingkungan serta makhluk hidup.
- Jadi, siklus hidrologi adalah peredaran air secara umum dari laut ke atmosfer melalui penguapan, kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan mengalir diatas permukaan dan di dalam tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Demikian terus berulang dari waktu ke waktu.
• Siklus hidrologi
Terdapat 3 siklus hidrologi, yaitu :
- Siklus pendek
Penguapan (evaporasi) terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi kemudian membentuk awan dan akhirnya terjadi hujan yang jatuh ke laut lagi.
- Siklus sedang
Penguapan terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin, kemudian terbentuk awan diatas daratan terjadi hujan didaratan dan mengalir lagi ke laut melalui sungai di permukaan.
- Siklus Panjang
Penguapan (evaporasi) terjadi di permukaan laut, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin dan membentuk awan diatas daratan hingga ke pegunungan tinggi, kemudian jatuh sebagai salju, terbentuk gletser, mengalir ke sungai dan selanjutnya kembali ke laut.
Kesimpulan :
• Pengertian hidrosfer
Hydro berarti air dan sphere berarti lapisan. Jadi, yang dimaksud dengan hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi sebagian besar permukaan bumi. Air di permukaan bumi tidak bertambah dan tidak berkurang dan tetap sama walaupun kebutuhan air untuk makhluk hidup meningkat air di bumi tetap memiliki jumlah yang sama, mengapa demikian? Ini disebabkan karena adanya siklus hidrologi, apakah siklus itu?
- Siklus adalah putaran rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur.
- Hidrologi adalah istilah yang digunakan berkenaan dengan ilmu tentang air, baik keterdapatannya, peredaran dan sebarannya serta hubungan dengan lingkungan serta makhluk hidup.
- Jadi, siklus hidrologi adalah peredaran air secara umum dari laut ke atmosfer melalui penguapan, kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan mengalir diatas permukaan dan di dalam tanah sebagai sungai yang menuju ke laut. Demikian terus berulang dari waktu ke waktu.
• Siklus hidrologi
Terdapat 3 siklus hidrologi, yaitu :
- Siklus pendek
- Siklus sedang
- Siklus Panjang
Penilaian :
1. Jelaskan pengertian atmosfer dan hidrosfer ?
2. Sebutkan unsur-unsur gas yang terdapat di atmosfer ?
3. Sebutkan dan jelaskan lapisan-lapisan atmosfer?
4. Apakah yang dimaksud dengan siklus hidrologi ?
5. Sebutkan dan jelaskan 3 siklus hidrologi ?
BAHAN AJAR
Cuaca & Iklim serta Perairan Darat & Laut
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator :
• Mendeskripsikan tentang cuaca dan iklim
• Mendeskripsikan tentang perairan darat dan perairan laut
Uraian Materi :
• Cuaca dan iklim
a. Pengertian Cuaca & Iklim
- Cuaca adalah : Keadaan udara rata-rata pada suatu saat di suatu tempat.
- Iklim adalah : Keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dan dalam waktu yang
b. Unsur-unsur cuaca dan iklim sebagai berikut :
- Suhu (temperatur) udara
Adalah ukuran kuantitatif yang menunjukkan panas dinginnya udara. Alat ukurnya adalah thermometer. Contoh : untuk suhu badan, diruangan ber-AC.
- Tekanan udara
Adalah tekanan yang disebabkan oleh unsur-unsur udara terhadap permukaan bumi yang mengakibatkan adanya perbedaan suhu. Alat ukurnya adalah barometer. Contoh : makin tinggi suhu udara (gurun) tekanan udaranya semakin rendah dan sebaliknya.
- Kelembapan udara
Adalah kandungan uap air dalam udara/ atmosfer. Alat ukurnya adalah hygrometer.
- Angin
Adalah udara yang bergerak mengikuti tinggi rendahnya tekanan udara. Alat ukurnya adalah anemometer.
- Curah Hujan
Adalah banyak sedikitnya hujan yang jatuh pada suatu tempat di permukaan bumi. Alat ukurnya adalah Fluviometer/ ombrometer.
• Perairan darat dan perairan laut
a. Perairan darat
adalah semua perairan yang ada di darat.
Perairan darat dapat digolongkan menjadi beberapa bagian, yaitu :
- Sungai
Adalah saluran alami yang berfungsi mengalirkan air hujan, air tanah maupun air salju yang mencair ke danau/ ke laut dari daratan tinggi ke rendah. Bagian sungai di akhir pembuangan disebut muara sedangkan sungai yang memiliki banyak cabang disebut anak sungai.
- Danau
Adalah cekungan luas di daratan yang menjadi tempat penampungan air di sekitarnya. Contoh : danau toba.
- Telaga
Adalah telaga hampir sama dengan danau hanya luasnya lebih sempit. Telaga tidak memiliki gelombang yang mengabrasi.
- Rawa
Adalah bagian tanah yang lebih rendah dari tanah sekitarnya dan selalu tergenang air. Biasanya dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik.
- Air tanah
Adalah air yang terdapat/ tersimpan dalam lapisan tanah & batuan.
b. Perairan Laut
Air laut berasal dari perasan air yang berasal dari magma. Setiap volume magma berisi 5 % air. Pada waktu itu diperkirakan sekitar 2 juta km kubik magma keluar dipermukaan bumi. Dengan demikian, paling tidak ada 0,1 juta km kubik air yang terkandung. Inilah nanti yang akan terjadi air laut. Oleh karena itu, akhirnya air laut terasa asin karena berasal dari batuan yang banyak mengandung garam.
- Perairan laut berdasarkan luas& bentuknya
1. Teluk, adalah bagian laut yang menjorok (masuk) ke daratan.
2. Selat, adalah laut yang relative sempit dan terletak diantara 2 pulau.
3. Laut, adalah perairan yang terletak diantara pulau-pulau yang relative luas dibandingkan selat.
4. Samudera, adalah laut yang sangat luas dan terletak diantara benua-benua.
- Perairan laut berdasarkan proses terjadinya
1. Laut trangesi, adalah air laut yang terjadi karena adanya genangan air laut didaratan pada waktu berakhirnya zaman es.
2. Laut regresi, adalah laut yang menyempit, yang terjadi pada zaman es karena penurunan permukaan air laut.
3. Laut Ingresi, adalah laut yang terjadi karena dasar laut mengalami gerakan menurun.
- Perairan laut berdasarka letaknya
1. Laut tepi, adalah laut yang terletak ditepi benua. Contoh : laut cina selatan yang dipisahkan oleh Kepulauan Indonesia dan Filipina.
2. Laut Pertengahan, adalah laut yang terletak diantara benua-benua. Contoh : laut yang berada di Indonesia ( laut Mediterian).
3. Laut Pedalaman, adalah laut yang terletak ditengah-tengah benua dan dikelilingi oleh daratan. Contoh : laut hitam, laut mati, laut kaspia.
- Perairan laut menurut kedalamannya
1. Zona litoral, adalah terletak diantara garis pasang dan garis surut. Kedalamannya 0 m. Tampak beberapa jenis binatang tapi bukan ikan tetapi sejenis kepiting darat.
2. Zona Neritik, adalah laut yang terletak pada kedalaman 0 m- 200 m. contoh : laut jawa, selat malaka. Ciri-ciri : sinar matahari masih menembus dasar laut, kedalamannya lebih kurang 200 meter, bagian paling banyak terdapat ikan dan tumbuhan laut.
3. Zona Batial, adalah laut yang terlatak pada kedalaman 200 m- 1000 m. Ciri-ciri sinar matahari tidak ada lagi, kedalaman antara 200 m- 1000 m, tumbuh-tumbuhan jumlahnya terbatas.
4. Zona abisal, adalah laut yang terletak pada kedalaman 1000 m – 6000 m. ciri – cirri : sinar matahari tidak ada lagi, suhu sangat rendah mencapai titik beku, tumbuh-tumbuhan tidak ada lagi dan jumlah binatang menjadi terbatas.
Kesimpulan :
• Cuaca dan iklim
a. Pengertian Cuaca & Iklim
- Cuaca adalah : Keadaan udara rata-rata pada suatu saat di suatu tempat.
- Iklim adalah : Keadaan cuaca rata-rata pada daerah yang luas dan dalam waktu yang
b. Unsur-unsur cuaca dan iklim sebagai berikut :
- Suhu (temperatur) udara
Adalah ukuran kuantitatif yang menunjukkan panas dinginnya udara. Alat ukurnya adalah thermometer. Contoh : untuk suhu badan, diruangan ber-AC.
- Tekanan udara
Adalah tekanan yang disebabkan oleh unsur-unsur udara terhadap permukaan bumi yang mengakibatkan adanya perbedaan suhu. Alat ukurnya adalah barometer. Contoh : makin tinggi suhu udara (gurun) tekanan udaranya semakin rendah dan sebaliknya.
- Kelembapan udara
Adalah kandungan uap air dalam udara/ atmosfer. Alat ukurnya adalah hygrometer.
- Angin
Adalah udara yang bergerak mengikuti tinggi rendahnya tekanan udara. Alat ukurnya adalah anemometer.
- Curah Hujan
Adalah banyak sedikitnya hujan yang jatuh pada suatu tempat di permukaan bumi. Alat ukurnya adalah Fluviometer/ ombrometer.
• Perairan darat dan perairan laut
a. Perairan darat
adalah semua perairan yang ada di darat.
Perairan darat dapat digolongkan menjadi beberapa bagian, yaitu :
- Sungai
Adalah saluran alami yang berfungsi mengalirkan air hujan, air tanah maupun air salju yang mencair ke danau/ ke laut dari daratan tinggi ke rendah. Bagian sungai di akhir pembuangan disebut muara sedangkan sungai yang memiliki banyak cabang disebut anak sungai.
- Danau
Adalah cekungan luas di daratan yang menjadi tempat penampungan air di sekitarnya. Contoh : danau toba.
- Telaga
Adalah telaga hampir sama dengan danau hanya luasnya lebih sempit. Telaga tidak memiliki gelombang yang mengabrasi.
- Rawa
Adalah bagian tanah yang lebih rendah dari tanah sekitarnya dan selalu tergenang air. Biasanya dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik.
- Air tanah
Adalah air yang terdapat/ tersimpan dalam lapisan tanah & batuan.
b. Perairan Laut
Air laut berasal dari perasan air yang berasal dari magma. Setiap volume magma berisi 5 % air. Pada waktu itu diperkirakan sekitar 2 juta km kubik magma keluar dipermukaan bumi. Dengan demikian, paling tidak ada 0,1 juta km kubik air yang terkandung. Inilah nanti yang akan terjadi air laut. Oleh karena itu, akhirnya air laut terasa asin karena berasal dari batuan yang banyak mengandung garam.
- Perairan laut berdasarkan luas& bentuknya
1. Teluk
2. Selat
3. Laut
4. Samudera
- Perairan laut berdasarkan proses terjadinya
1. Laut trangesi
2. Laut regresi
3. Laut Ingresi
- Perairan laut berdasarka letaknya
1. Laut tepi
2. Laut Pertengahan
3. Laut Pedalaman
- Perairan laut menurut kedalamannya
1. Zona litoral
2. Zona Neritik
3. Zona Batial
4. Zona abisal
Penilaian :
1. Jelaskan pengertian cuaca & iklim?
2. Sebutkan unsur-unsur pembentuk cuaca & iklim ?
3. Apakah yang dimaksud dengan kelembapan udara ?
4. Sebutkan perairan yang ada di darat ?
5. Apakah yang dimaksud dengan sungai ?