Kamis, 27 Januari 2011

Pertemuan Sibet dengan Anies Baswedan, Phd, beliau termasuk 20 Orang Tokoh berpengaruh dunia,


Bersama Bpk.H. Mahyeldi Ansharullah, SP ( Wakil Wali Kota Padang) Pada  saat meninggalkan ruangan gedung Engku syafe'i LPMP UNP Padang  Sumatera Barat setelah menyampaikan sambutannya pada acara indoneisia mengajar , Pada sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimaksih kepada Bapak Anis Baswedan PhD, yang telah memilih UNP sebagai tempat sosialisasi Indonesia mengajar untuk daerah pulau sumatera.

Gerakan Indonesia Mengajar mengadakan sosialisasi di beberapa Perguruan Tinggi untuk merekrut calon pengajar muda. Salah satunya digelar hari ini di Gedung Engku Syafe'i LPMP UNP. Sosialisasi ini dimulai pada pukul 09.00 WIB.Pendiri dan ketua Gerakan Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, PhD, turut hadir dalam sosialisasi ini. Sosialisasi ini dihadiri oleh ratusan peserta dari mahasiswa dan alumni UNP.pada penyampaian ini beliau juga memaparkan data - data tentang kemajuan dunia pendidikan di indonesia, beliau sempat kesal dengan semua berita yang ada dimedia masa tidak pernah mau meliput kemajuan - kemajuan yang telah diperoleh negara kita ini dalam beberapa tahun ini,, yang diberitakan hanya yang salah,,,beliau mengajak kepada pemuda - pemudi indonesia untuk mengabdi setahun ke pulau terpencil untuk menjadi pengajar muda, yang tidak ada listrik, tidak ada sinyel, semua peserta ketawa,, 
Anies Baswedan, 20 Orang Berpengaruh 20 Tahun 
Anies Baswedan, rektor Universitas Paramadina termasuk dalam 20 tokoh dunia berpengaruh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang oleh Majalah Foresight yang terbit di Jepang akhir April ini. Beliau menjadi satu-satunya orang dari Asia Tenggara yang disebut di situ, juga satu-satunya pendidik dalam daftar di Foresight itu.dan suatu ysng tidak pernah terpikirkan oleh saya sendiri bisa duduk bersama beliau penuh dengan kehangatan yang menginspirasi untuk melanjutkan ketokohan beliau Amiiin

Anies Baswedan lahir pada 7 Mei 1969. Doktor ilmu politik dari Northern Illinois University, AS, ini lahir dari keluarga pendidik yang menyimpan tekad untuk turut membangun bangsa melalui jalur pendidikan, di antaranya dengan mengantarkan Paramadina menjadi universitas kelas dunia. Sejak memimpin Universitas Paramadina, tiga tahun lalu, Anies telah melakukan beberapa hal yang revolusioner, dan dianggap tidak lazim terjadi di dunia pendidikan swasta di Indonesia ini. Di antaranya dengan pemberian beasiswa bagi ratusan mahasiswa berbakat tapi kurang mampu dan pewajiban mata kuliah anti-korupsi. Sibet Lahir pada 10 Desember 1987.Mahasiswa jurusan Geografi Universitas negeri padang, Jabatan Oganisasi yang sedang di amanahkan kebeliau adalah Direktur Eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat Surau Bagonjong,Koordinator Pengabdian masyarakat Ikatan Mahasiswa geografi Indonesia,Mentri Kesejahteraan mahasiswa BEM UNP, Sekretaris Umum IMAMS,Sekretaris HMJ GEO UNP.. 

Dalam edisi khusus yang berjudul "20 Orang 20 Tahun" itu, Foresight mengulas 20 tokoh yang diperkirakan bakal menjadi perhatian global karena mereka akan sangat berperan dalam perubahan dunia dua dekade mendatang. Begitu kata Direktur Marketing & Public Relatios Universitas Paramadina, Syafiq Basri Assegaff, di Jakarta, Jumat, yang ditulis Antara. dan terlihat juga seorang ibu yang punya semangat tinggi beliau adalah ibu dari Ketua Ikatan Pengajar Muda,yang sekarang sedang bertugas di sebuah pulau terpencila tanpa listrik.

Menurut Anies, berbagai penghargaan kelas dunia yang diterimanya sebenarnya menunjukkan makin besarnya perhatian dunia terhadap Indonesia. "Saya mendapat kesan bahwa dunia kini makin memperhatikan Indonesia," kata Anies yang belum lama ini menjadi pembicara di pelbagai pertemuan internasional di Tokyo, London, Copenhagen dan Madrid.suatu pengalaman yang menarik ketika berbincabg - bincang dengan beliau pada waktu , kita harus ketemu lagi nanti , ucapnya.

Pada 2 hingga 6 Mei mendatang Anies juga diundang menjadi pembicara asal Indonesia pada pertemuan puncak tokoh muda dunia, Young Global Leaders Summit, di Tanzania, Afrika. Apresiasi Foresight ini mengisyaratkan bahwa pendidikan di Indonesia menjadi peran penting.

Pada April 2008 Majalah Foreign Policy, Amerika, pernah memilih Anies sebagai satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar "100 Tokoh Intelektual Dunia" bersama Noam Chomsky, Al Gore, Francis Fukuyama, Samuel Huntington, Vaclav Havel, Thomas Friedman, Bernard Lewis, Lee KuanYew dan pemenang Nobel asal Bangladesh, Muhammad Yunus.

Tahun 2009 Anies juga mendapatkan penghargaan sebagai salah seorang "Young Global Leaders 2009" dari Forum Ekonomi Dunia (The World Economic Forum, WEF). Namanya disejajarkan bersama 230 orang pemimpin muda dunia yang dianggap memiliki prestasi dan komitmen kepada masyarakat, serta mempunyai potensi untuk berperan dalam memperbaiki dunia di masa mendatang.terimakasih pak sudah meluangkan waktunya ke UNP dan mempercayai kami sebagai Panitia untuk mengangkatkan agenda ini, inilah salah satu bakti kita kepada Tanah Air kita.ucapnya.

Rabu, 26 Januari 2011

Menjadi Guru yang Efektif

October 21, 2010 by srilinda
Di era globalisasi yang serba maju dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesatnya, guru masih sangat dibutuhkan.  Guru merupakan suatu profesi  yang senantiasa berhubungan dengan peserta didik  dan memegang peranan penting dan strategis sebagai pengajar, pendidik, dan pelatih para siswa.  Guru juga merupakan agen pembaharu (agent of change) dalam mengubah pola berpikir, sikap dan tingkah laku peserta didik sebagai manusia menuju kehidupan yang lebih baik, lebih bermartabat dan lebih mandiri, serta siap bersaing di era globalisasi. Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru yang mampu bekerja secara efektif dan efisien.

Kepribadian seorang guru sangat mempengaruhi siswa. Pribadi yang baik ataupun yang buruk dari seorang guru tentunya dapat mewarnai sikap, pemikiran, dan tingkah laku siswa, baik di dalam proses belajar mengajar maupun di luar proses pembelajaran. Anda seorang guru? tentunya anda tidak ingin hal-hal yang buruk mempengaruhi anak didik anda kan? Nah… Sukadi ( 2006) dalam bukunya “Guru Powerfull Guru Masa Depan” mengungkapkan 20 ciri-ciri guru efektif sebagai berikut:
1. Memiliki stabilitas emosi
Emosi guru sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Guru yang emosional akan melahirkan suasana pembelajaran yang tidak efektif. Guru boleh tertawa, marah, sedih dan gembira atau sejenisnya, namun dalam mengekspresikannya haruslah memperhatikan prinsip stabilitas. Sehingga ungkapan rasa emosi seperlunya, sewajarnya dan seharusnya.
2. Percaya diri (optimis)
Suasana kelas akan terasa menyenangkan, menggembirakan, dan kondusif untuk belajar bila gurunya optimis. Untuk menumbuhkan sikap ini seorang guru harus memiliki kebugaran tubuh, menguasai materi pembelajaran dan memiliki kemampuan didaktik selain itu ia harus berpandangan positif terhadap diri dan siswanya.
3. Memiliki kesabaran
Siswa memiliki tingkah laku yang beraneka ragam, misalnya ada siswa yang menyenangkan, menyebalkan, tingkah laku yang aneh dan sebagainya, sehingga untuk menghadapinya seorang guru harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. untuk menumbuhkan sikap ini, seorang guru dituntut memiliki wawasan yang luas serta memahami kelebihan dan kekurangan siswanya.
4. Sederhana
Manusia pada dasarnya menyenangi kesederhanaan, demikian pula halnya siswa. Guru yang sederhana akan menggunakan bahasa yang dapat dimengerti, membuat contoh yang dapat dijangkau oleh pemikiran dan perhatian siswa dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswanya.
5. Tahu batas
Seorang guru yang baik adalah yang mengerti perasaan dan kebutuhan siswanya, mampu menjadi teman, orangtua serta tempat berbagi masalah. Namun guru jangan sampai lupa dengan kedekatan dan keakraban terhadap  siswa harus tetap mempunyai jarak.
6. Adil
Guru yang memperlakukan siswanya dengan adil sangat disenangi, dihormati, dan dipercaya. Mereka adalah guru efektif.
7. Realistis
Guru yang efektif mengajar secara realistis. Ia sangat memperhatikan keadaan dan tingkat kemampuan siswanya. Ia tidak mengajarkan pelajaran yang terlalu tinggi atau rumit. Ia dapat menyederhanakan hal-hal yang kompleks dan mampu memberikan contoh yang konkret dalam pembelajaran.
8. Humoris
Untuk menciptakan suasana belajar yang menggairahkan dan menyenangkan, seorang guru harus memiliki jiwa dan selera humor (humoris), namun humor yang dimaksud adalah humor yag edukatif, segar, etis dan terkendali, bukan sembarang humor.
9. Berpenampilan tenang
Penampilan yang tenang menggambarkan kemantapan pribadi seseorang. Guru yang berpenampilan tenang, tampak dalam perilaku mengajarnya. Ia tidak mudah terpengaruh oleh isu, gangguan dan situasi yang tidak menyenangkan, sehingga dapat mengendalikan kelas dengan baik.
10. Antusias (bersemangat)
Guru yang mengajar dengan antusias akan mendorong motivasi belajar siswa, sebaliknya guru yang mengajar tanpa antusias (loyo dan lesu) tidak dapat mendorong motivasi belajar siswa.
11. Menghargai peserta didik
Guru yang baik selalu memberikan penghargaan atas setiap prestasi, kebaikan atau usaha yang dilakukan oleh siswanya sekecil apapun itu. Pengajaran akan efektif karena siswa merasa dihargai dan dihormati sehingga dapat memotivasinya untuk mau terlibat dalam proses pembelajaran
12. Selalu mawas diri
Guru juga manusia, yang tak luput dai kekurangan dan kesalahan. Oleh karenanya, guru yang efektif selalu berupaya mawas diri, serta mengoreksi kekurangan-kekurangannya, baik sebagai pribadi maupun dalam menjalankan tugasnya.
13. Berpikir positif
Guru yang berpikir positif mempunyai keyakinan bahwa setiap siswa memiliki potensi yang bisa dikembangkan secara optimal. Oleh karenanya, ia akan sabar dalam membimbing siswa bagaimanapun keadaannya. Ia tidak cepat menyerah dan mengambil kesimpulan yang buruk.
14. Disiplin
Guru yang disiplin selalu melakukan persiapan sebelum proses pembelajaran, melakukan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang dibuat, dan juga melakukan upaya tindak lanjut.
15. Bertanggung jawab
Guru adalah pemimpin bagi para siswanya, ia harus mempertanggungjawabkan  pelaksanaan tugasnya kepada siswa, orangtua siswa, kepala sekolah, dan pemerintah. Guru efektif bertanggungjawb atas kemajuan para siswanya, bukan guru yang membiarkan siswanya tidak belajar.
16. Berwibawa
Sebagai pendidik, pengajar dan pelatih, bagi seorang guru kewibawaan merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki. Siswa tidak akan mentaati perintah gurunya, jika ia tidak mempunyai kewibawaan.
17. Perhatian guru terhadap siswa
Apa yang perlu diperhatikan dari siswa? Kepentingannya, perasaannya, keinginannya, masalahnya, prestasinya dan penampilannya. Artinya seluruh totalitas siswa membutuhkan perhatian dari guru.
18. Selalu belajar
Dari seorang guru yang gemar dan terus belajar sepanjang hayatnya, siswa akan memperoleh banyak ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang sangat berarti dan bermanfaat di masa mendatang.
19. Membangun citra diri yang baik
Salah satu ciri kepribadian guru yang efektif adalah pandai membangun citra diri siswanya agar sehat, karena citra diri yang sehat merupakan modal pendorong motivasi belajar siswa.
20. Berpenampilan menarik
Guru efektif memiliki penampilan lahiriah yang prima, yang ditopang dengan penampilan bathiniah seperti ramah, percaya diri, penyayang, lembut hati, perhatian, bertanggung jawab, cerdas, inisiatif, pro-aktif, toleransi, bersahabat dan sifat-sifat mulia lainnya.
Demikian ciri-ciri guru yang efektif, semoga tulisan ini dapat membuka wawasan bagi kita para guru untuk dapat memiliki kepribadian yang efektif pula, sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi peserta didik sehingga mereka menjadi pemimpin-pemimpin yang efektif pula di masa depan.

Selasa, 25 Januari 2011

Tips Cara Belajar yang Baik (Bagian 1 dari 2)

, Topik :

Kali ini aku akan berbagi beberapa tips tentang bagaimana cara belajar yang baik dan lulus Ujian Nasional, ulangan harian dapet nilai bagus dan prestasi-prestasi lainnya terutama buat temen-temen pelajar. Pada dasarnya setiap orang mempunyai cara belajar sendiri-sendiri, ada yang bisa belajar kalo dengerin musik, ada yang hanya bisa belajar kalo gak ada suara, ada yang ga bisa belajar kalo ga makan dll. Tetapi kamu juga harus mengetahui prinsip fundamental utama dari belajar yang baik.


Berikut adalah tips cara belajar yang baik menurutku:

1. Ciptakan suasana yang kondusif
Dalam belajar, kamu harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.


Picture taken from:
http://www.inioke.com


2. Lihat garis besarnya dahulu
Jika membaca bahan pelajaran yang baru, jangan langsung menceburkan diri kedalamnya. Kamu bisa lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Lihatlah semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Jik membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.

3. Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran
Kalau kamu meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran itu. Pada saat kamu menulisnya, kamu pasti membaca materinya lagi, bener kan? Itu akan membuatmu cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kamu berada.

4. Berlatihlah tehnik kemampuan mengingat
Agar lebih mudah kamu ingat sebaiknya materi yang akan kamu hafal itu diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang mudah diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Walaupun kamu jika menghafal langsung dalam 1 minggu sudah lupa, dengan menggunakan mnemonics seperti ini kamu bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.

Picture taken from:

www.homeschooling-ideas.com

5. Belajarlah dengan tekun dan rutin

Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, apabila kamu jarang belajar maupun  hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya gak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal.

Picture taken from:
anharifamily.wordpress.com


Jika sudah membaca cara belajar yang baik diatas, praktekkanlah dengan sungguh-sungguh dan lihatlah apa yang akan terjadi!
Jika ingin membaca tips ini dikemudian hari, kamu bisa menyimpan artikel ini dengan pencet CTRL+S, maupun dengan Bookmark halaman ini pencet CTRL+D.

Eiiiitss.... Artikel ini masih ada lanjutannya loh,,, cek kembali blog ini besok pagi dan kamu akan melihat bagian kedua dari kumpulan tips-tips cara belajar yang baik agar memaksimalkan prestasimu.

Semoga Sukses,

Artikel ini ditulis oleh:
Irfan,
Siswa SMPN 1 Boyolali

Minggu, 23 Januari 2011

UANG NEGARA HABIS UNTUK GAJI


Presiden Rp62 Juta Gubernur Rp8,4 Juta
JAKARTA - SINGGALANG Ketika Presiden mengeluh soal gaji, pada saat sama statistik menunjukkan, setidaknya setengah dari APBD seluruh daerah di Indonesia habis untuk gaji PNS, belanja aparatur dan anggota DPRD. Bahkan di Padang lebih 70 persen. Karena itu, bisa disebut uang negara habis (hanya) untuk gaji.

Saat ini 4,3 juta PNS aktif di Indonesia mungkin telah menghabiskan gaji Januari dan bersiap menunggu gaji Februari. Setali tiga uang, 3,2 juta jiwa pensiunan PNS di Indonesia menghabiskan Rp40 triliun tiap tahun. Jumlah pensiunan bertambah sekitar 100 ribu orang setahun.
Pada Januari ini, pemerintah mengucurkan renumerasi Rp13,5 triliun untuk 11 kementerian atau lembaga negara. Dari 11 instansi itu, baru enam yang disahkan dan disetujui DPR RI. Untuk 6 instansi itu telah dibayarkan per 1 Januari 2011.

Gaji presiden
Menurut Mendagri Gamawan Fauzi, gaji gubernur per bulan sekitar Rp8,6 juta. Dengan tambahan insentif ini itu paling tinggi mencapai sekitar Rp90 juta per bulan, dan paling rendah Rp34 juta per bulan. Taruhlah gubernur seperti Fauzi Bowo memperoleh Rp100 juta per bulan dari gaji plus tambahan. “Maka dalam setahun mencapai Rp1,2 miliar, dan dalam lima tahun periode pemerintahannya maksimal hanya terkumpul Rp6 miliar,” kata dia.
Soal gaji presiden dan para pemimpin negara di dunia, Majalah The Economist edisi 6 Juli 2010 jadi rujukan. Gaji Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong terbesar di dunia.
PM Lee Hsien Loong bergaji US$2,18 juta atau setara Rp19,8 miliar per tahun. Gaji Loong ini 5 kali lipat dari gaji Presiden AS Barack Obama sebesar US$400 ribu atau Rp3,6 miliar per tahun.
Gaji Loong ini sekitar 40 kali dari pendapatan per kapita Singapura. Hal yang sangat wow mengingat gaji terbesar pemimpin negara itu berasal dari negara yang terkecil di dunia, yang hanya seluas 700 km persegi. Pendapatan rata-rata warga Singapura adalah US$ 2.400 per bulan atau Rp21,8 juta, sehingga rata-rata pendapatan per kapita Singapura adalah Rp262 juta.
Sedangkan pendapatan PM India, Manmohan Singh tercatat yang terendah, US$4.106 atau Rp37,3 juta per tahun. Gaji Singh ini sekitar 2 kali dari pendapatan per kapita India. Padahal India adalah negara ketujuh terbesar di dunia.
Sementara negara yang sangat ironis, yaitu Kenya, mengusulkan gaji PM Raila Odinga naik menjadi US$428 ribu atau setara Rp3,9 miliar per tahun. Lebih tinggi dari gaji Presiden AS Barack Obama yang US$400 ribu atau Rp3,6 miliar per tahun.
Gaji Odinga ini merupakan usulan dari parlemen. Sementara anggota parlemen sendiri menaikkan gaji tahunan mereka 25 persen menjadi US$161 ribu atau setara Rp1,5 miliar. Odinga sudah menolak usulan parlemennya itu.
Bagaimana dengan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)?
Versi The Economist, gaji SBY US$ 124.171 atau sekitar Rp1,1 miliar per tahun. Gaji SBY ini sekitar 28 kali lipat dari pendapatan per kapita Indonesia.
Data ini berbeda dari rilis jubir Istana Kepresidenan pada 1 Januari 2006 dari www.presidensby.info. Disebutkan presiden menerima gaji dan tunjangan sebesar Rp62.497.800 per bulan. Kalau dihitung per tahun gaji SBY mencapai Rp749,9 juta atau US$ 82,3 ribu. (*)

Gaji Pejabat Indonesia Periode 2004-2009

No. Jabatan Gaji Pokok(Rp) Tunjangan Jabatan(Rp)

1 Presiden 30.240.000 32.500.000
2 Wakil Presiden 20.160.000 22.000.000
3 Ketua MA 5.040.000 18.900.000
4 Wakil Ketua MA 4.620.000 15.600.000
5 Ketua BPK 5.040.000 15.600.000
6 Wakil Ketua BPK 4.620.000 15.600.000
7 Ketua Muda MA 4.410.000 10.100.000
8 Anggota MA 4.200.000 9.700.000
9 Anggota BPK 4.200.000 9.700.000
10 Menteri Negara 5.040.000 13.608.000
11 Jaksa Agung 5.040.000 13.608.000
12 Panglima TNI 5.040.000 13.608.000
13 Pejabat lain setara Menteri 5.040.000 13.608.000
14 Gubernur 3.000.000 5.400.000
15 Wagub 2.400.000 4.320.000
16 Bup/wako 2.100.000 3.780.000
17 Wabup/wawako 1.800.000 3.240.000

sumber: gajimu.com

Gaji Presiden/PM Per Tahun

1. Singapura US$ 2,18 juta, setara Rp19,8 miliar (40 kali pendapatan per kapita).
2. Hong Kong US$ 513 ribu (Rp4,7 miliar, 20 kali pendapatan per kapita).
3. Kenya US$ 423 ribu (Rp2,9 miliar, 240 kali pendapatan per kapita).
4. AS US$400 ribu (Rp3,6 miliar, 8 kali pendapatan per kapita).
5. Prancis US$302 ribu (Rp2,7 miliar (9 kali pendapatan perkapita).
6. Kanada US$ 296 ribu (Rp2,6 miliar, 7 kali pendapatan per kapita).
7. Irlandia US$ 287 ribu (Rp2,6 miliar, 5 kali pendapatan per kapita).
8. Australia US$ 286 ribu (Rp2,6 miliar, 5 kali pendapatan per kapita).
9. Jerman US$ 283 ribu (Rp 2,5 miliar, 8 kali pendapatan per kapita).
10. Jepang US$ 273 ribu (Rp2,4 miliar, 8 kali pendapatan per kapita).
11. Afrika Selatan US$ 272 ribu (Rp2,4 miliar, 26 kali pendapatan per kapita).
12. Selandia Baru US$ 271 ribu (Rp2,4 miliar, 10 kali pendapatan per kapita).
13. Inggris US$215 ribu (Rp1,9 miliar (7 kali pendapatan per kapita).
14. Taiwan US$ 184 ribu (Rp1,6 miliar, 7 kali pendapatan per kapita).
15. Korea Selatan US$136 ribu (Rp1,2 miliar, 9 kali pendapatan per kapita).
16. Indonesia US$124 ribu (Rp 1,1 miliar, 28 kali pendapatan per kapita).
17. Israel US$120 ribu (Rp1 miliar, 4 kali pendapatan per kapita).
18. Rusia US$115 ribu (Rp1 miliar, 7 kali pendapatan per kapita)
19. Argentina US$74 ribu (Rp674 juta, 5 kali pendapatan per kapita).
20. Polandia US$45 ribu (Rp409 juta, 3 kali pendapatan per kapita).
21. Cina US$10 ribu (Rp96 juta, 2 kali pendapatan per kapita)
22. India US$4 ribu (Rp37,3 juta (2 kali pendapatan per kapita).
Majalah The Economist edisi 6 Juli 2010