Selasa, 18 Januari 2011

Harvard University, Makin Tua Makin Jadi


Harvard University menjadi universitas pada urutan teratas dalam survei Webometric 2010 per Juli. Diusianya yang 374 tahun, universitas itu semakin menorehkan kiprahnya di dunia pendidikan.
Universitas yang didirikan pada 8 September 1636 ini, merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya universitas tersebut bernama New College, kemudian pada pada 13 Maret 1639 diganti dengan Harvard College Nama Harvard diadopsi dari nama penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge. Pada 1780 baru berganti nama menjadi Harvard University.

Universitas Harvard
adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia. Berdasarkan data Wikipedia, pada 2004 pendapatannya mencapai USD22,6 miliar. Hampir dua kali lipat dari pesaing utamanya Universitas Yale.
Sekadar diketahui, Universitas Harvard mempunyai sembilan fakultas, yakni
Harvard Faculty of Arts and Sciences dan subfakultasnya, Harvard Division of Engineering and Applied Sciences, Fakultas Kedokteran (termasuk Harvard Medical School (1782) dan Harvard School of Dental Medicine (1867)), Harvard Divinity School (1816), Harvard Law School (1817) Harvard Business School (1908), Harvard Graduate School of Design (1914), Harvard Graduate School of Education (1920), Harvard School of Public Health (1922).
Delapan presiden dari Negeri Paman Sam merupakan lulusan universitas tersebut. Satu di antaranya Barack Obama. Di Indonesia, pejabat jebolan Harvard, antara lain Kepala Badan Koordinasi Pasar Modal (BKPM) Gita Wirjawan dan Menteri Kesehatan Endang Rahayu, dan putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono.
Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar